free statistics

Berikut ini adalah artikel mengenai : Kiat Sukses Listening

Apakah teman-teman merasa kesulitan ketika praktek atau menghadapi ujian listening Bahasa Inggris? Jika ya, jangan bersedih atau gelisah karena sebenarnya hal tersebut wajar terjadi khususnya bagi yang baru belajar Bahasa Inggris. Memang tidak bisa dipungkiri terkadang kita merasa bingung dan malu ketika kita tidak mampu memahami percakapan Bahasa Inggris baik secara langsung dari penutur asli / native speakers ataupun dari audio yang kita dengar. Nah, disini kami akan menjelaskan alasan kenapa Listening begitu sulit dan juga akan memberikan tips meningkatkan kemampuan Listening teman-teman.

Pada dasarnya ada tiga alasan kenapa Listening Bahasa Inggris begitu sulit untuk dipahami :

1). Pertama karena banyaknya kosa kata dalam Bahasa Inggris pengucapan atau pronunciationnya berbeda dengan penulisannya. Beberapa kata dalam Bahasa Inggris memiliki huruf-huruf yang tidak diucapkan (silent letters) misalnya: thought, island, dan muscle. Huruf-huruf yang ditulis tebal tersebut tidak diucapkan. Selain itu ada beberapa huruf yang diucapkan dengan cara yang berbeda, misalnya huruf (a) dikata-kata berikut ini pengucapannya berbeda-beda: apple, father & game.

2). Kedua, ketika penutur asli (native speakers) berbicara cepat, mereka menghubungkan kata-kata tersebut bersama-sama, mereka tidak mengucapkan masing-masing kata dengan jelas. Misalnya pertanyaan : How are you feeling today? terdengar seperti Howrya feelin’ today? I am going to have lunch. terdengar seperti I’m gonnahav lunch. Hal ini terjadi di hampir semua kalimat-kalimat Bahasa Inggris, itulah salah satu alasan utama kenapa Listening Bahasa Inggris sulit.

3). Dan yang terakhir yakni kurangnya latihan / praktek Listening. Kebanyakan siswa / pelajar Bahasa Inggris terlalu banyak membaca bacaan Bahasa Inggris namun sangat jarang mendengar percakapan berbahasa Inggris. Perlu diingat, bahwa bayi pertama kali belajar Bahasa Inggris dengan mendengar terlebih dahulu baru kemudian belajar membaca. Jadi kesimpulannya adalah mendengarkan / Listening percakapan Bahasa Inggris itu sangat penting.

Nah, sudah tahu kan kenapa Listening Bahasa Inggris itu sulit… Sekarang kita belajar tips bagaimana meningkatkan kemampuan Listening kita. Ada dua cara meningkatkan kemampuan Listening kita: 1). Praktek Listening setiap hari, dan 2). Praktek Listening dengan cara yang tepat.

Tips / cara pertama yakni praktek Listening Bahasa Inggris setiap hari. Ciptakanlah kebiasaan mendengarkan percakapan Bahasa Inggris setiap hari setidaknya 15 menit setiap hari meskipun teman-teman sedang sibuk atau tidak punya cukup waktu. Kebiasaan Listening ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, contohnya saat teman-teman sedang berada di kendaraan umum, bersepeda, berolah raga, atau saat melakukan pekerjaan dirumah. Mulailah mendengarkan percakapan Bahasa Inggris dari level yang mudah, teman-teman bisa mengakses / mendownload audio percakapan tingkat pemula di beberapa situs belajar Bahasa Inggris seperti BBC Six-Minute Engish, VOA Special English dan lain-lain atau juga bisa mendengarkan lagu-lagu Berbahasa Inggris klasik.

Tips / cara kedua yakni berlatih Listening dengan cara yang tepat. Bagaimana maksudnya? Ternyata ada dua cara berlatih Listening, pertama berlatih Listening dengan cara yang salah yakni ketika teman-teman berlatih mendengarkan sekali, tidak mampu memahami setiap kata, bingung, kemudian menyerah dan berhenti. Cara yang kedua adalah cara yang tepat yakni teman-teman harus relaks dan sadar bahwa sangatlah wajar apabila teman-teman mempunyai keterbatasan memahami sebuah percakapan Bahasa Inggris terlebih itu yang pertama kali. Teman-teman perlu mengulangi /memutar ulang percakapan Bahasa Inggris tersebut setidaknya tiga kali, pertama kali mendengar janganlah terlalu fokus untuk memahami kata perkata, pahami saja topik umum atau idea utama dari percakapan tersebut, kemudian dengarkan untuk kedua kalinya, kali ini cobalah untuk memahami percakapan tersebut lebih spesifik namun apabila teman-teman belum mampu memahami kata perkata jangan khawatir, dan selanjutnya dengarkan untuk ketiga kalinya sambil membaca teksnya, sekarang teman-teman bisa lebih detail memperhatikan kata perkata.

Berlatih Listening dengan cara yang tepat dari hal yang umum ke hal yang spesifik adalah cara yang paling efektif untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Listening Bahasa Inggris teman-teman. Jadi jangan tunggu lama lagi, ambil HP teman-teman, download audio percakapan Bahasa Inggris dari situs-situs pembelajaran Bahasa Inggris diatas, pasang headset dan berlatihlah dengan mendengarkan tiga kali dan luangkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk berlatih, dijamin kemampuan Listening Bahasa Inggris teman-teman akan meningkat dengan pesat.

Selamat mencoba..Good Luck..!

Judul artikel : Kenapa Listening Sulit? Dan Kiat Sukses Listening oleh Kampung Inggris Cell